Teralis : Pengaman yang Multifungsi

  • 21 Mei 2019
  • 23:05
  • Artikel Bermanfaat

Teralis merupakan salah satu aksesoris tambahan yang biasanya sering digunakan pada jendela kaca di dalam rumah. Penggunaan teralis pada jendela rumah dapat berguna sebagai pembatas agar dapat meminimalkan ancaman tindakan kriminal yang berpotensi membahayakan keselamatan penghuni rumah.

Selain itu, teralis pada jendela rumah juga memiliki manfaat lainnya yakni berguna untuk mempercantik dan memperindah desain interior rumah anda. Saat ini, teralis sudah sangat banyak tersedia dengan berbagai macam desain dan model yang dapat anda pilih untuk pemasangan pada jendela rumah.

Model teralis jendela yang biasanya sering dipakai pada rumah ialah yang memiliki warna netral seperti hitam, abu-abu, putih ataupun silver. Saat ini banyak sekali rumah minimalis yang juga menggunakan teralis ini sebagai aksesoris tambahan rumah mereka.

Model teralis yang minimalis memang sangatlah simpel dan tidak rumit, meskipun begitu tampilan teralis jendela tersebut tidak akan terlihat kuno karena biasanya teralis jendela yang minimalis masih tetap mempertahankan kesan elegannya.

Fungsi Teralis

Teralis rumah memiliki beragam fungsi, selain dapat meminimalisir rumah dari ancaman tindakan kriminal, teralis rumah ini juga memiliki fungsi lain. Berikut ini diuraikan beberapa fungsi dari teralis rumah yang penting untuk anda ketahui :

1. Teralis berfungsi sebagai salah satu dekorasi interior rumah, dengan memiliki motif yang menarik dan unik maka teralis tersebut akan membuat tampilan dalam rumah anda semakin cantik dan lebih mewah.

2. Teralis berfungsi sebagai keamanan rumah, dengan menggunakan teralis pada jendela rumah ataupun kamar anda maka akan membuat pencuri yang ingin masuk kedalam rumah akan kewalahan karena tidak dapat masuk melalui jendela rumah.

3. Teralis juga berfungsi sebagai sarana pertukaran udara pada saat anda membuka jendela rumah sehingga udara di dalam rumah akan tetap segar dan bersih

4. Teralis juga berfungsi sebagai pelindung kaca, dengan menggunakan teralis maka saat ada anak kecil yang bermain di dalam rumah akan membuat kaca jendela lebih aman dari risiko mengalami keretakan ketika terkena lemparan mainan dari dalam rumah atau sebagainya.


Bahan Pembuatan Teralis

Bahan yang digunakan untuk pembuatan teralis jendela yang biasa digunakan ialah bahan kayu dan besi. Kayu memang dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan teralis jendela rumah, akan tetapi penggunaan bahan kayu memiliki kekurangan karena mudah rusak. Selain itu, bahan kayu juga cukup sulit untuk dibentuk sesuai dengan keinginan.

Oleh sebab itu, dari waktu ke waktu penggunaan teralis jendela rumah berbahan kayu sedikit demi sedikit telah tergantikan dengan penggunaan teralis jendela rumah yang terbuat dari bahan besi. Keuntungan penggunaan bahan besi untuk pembuatan teralis adalah konstruksinya yang jauh lebih kuat dan tahan lama ataupun tidak mudah rusak.


Aneka Model Teralis Jendela Minimalis

Saat membangun sebuah rumah, tentu kita sudah memiliki tema dari desain bangunan tersebut. Apakah rumah yang dibangun nantinya akan bergaya minimalis modern, mediteranian, klasik mewah atau model lainnya.

Berdasarkan tema dari desain rumah tersebut, maka kita bisa menentukan model teralis apa yang cocok. Dengan model teralis yang sesuai, maka bukan hanya keamanan rumah yang terjaga, namun keindahan bangunan pun bisa lebih menonjol.

Adapun berbagai model teralis yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah :

1. Model Teralis Horizontal Rapat

Rumah yang bergaya minimalis modern akan sangat sesuai dengan teralis yang modelnya simpel. Karena itulah model horizontal rapat ini bisa menjadi pilihan yang sangat sesuai untuk rumah model minimalis. Pada model ini, besi-besi akan disusun secara horizontal pada jarak tertentu. Selain model, warna dari teralis bisa disesuiakan dengan tema minimalis sehingga lebih berkesan modern.

2. Model Teralis Vertikal

Selain model horizontal, teralis model vertikal juga mampu memberikan kesan modern pada sebuah rumah yang memiliki desain minimalis. Pada model ini, besi-besi dipasang berjajar secara lurus ke arah atas, sehingga terlihat lebih kokoh tetapi tetap simpel. Untuk lebih mempercantik teralis tersebut, beberapa aksen dengan berbagai bentuk lekukan artistik yang bisa ditambahkan pada bagian tengah teralis.

3. Model Teralis Klasik

Model teralis ini akan sangat sesuai untuk sebuah rumah yang juga klasik. Teralis ini biasanya dihiasi dengan beraneka-ragam ukiran dan motif-motif alam seperti bunga ataupun daun. Untuk lebih memperkuat kesan mewahnya, besi yang digunakan bisa dilapisi dengan kuningan. Warna keemasan yang dihasilkan dari teralis akan memancarkan keindahan estetika rumah secara keseluruhan.

Demikianlah artikel yang berisi informasi seputar teralis yang sempat kami paparkan. Semoga bermanfaat….

 

 


Hubungi Kami

Hubungi kami dan mari kita buat sesuatu yang hebat bersama. Mari kita ubah ide Anda menjadi produk yang lebih besar

info@bengkellaskita.com 081237541661 (WA) | 081338702881 (CALL)

Dimana Anda Bisa Menemukan Kami?

Jl. Sahadewa no.2A Lingk. Anyar Kaja Kerobokan, Kuta Utara, Badung-Bali

Ikuti Kami