Kusen Aluminium Untuk Rumah Modern Minimalis

  • 21 Mei 2019
  • 05:50
  • Artikel Bermanfaat

Kusen adalah suatu rangka yang terbuat dari balok kayu atau dari bahan lainnya, seperti plastik, alumunium. Fungsi utama dari kusen yaitu untuk peletakan kerangka daun pintu, jendela, kaca dan trails.

Selain fungsi tersebut, bentuk dan variasi kusen juga bisa menambah keindahan atau nilai estetika dari suatu bangunan.

Dengan berkembangnya waktu, orang lebih senang dengan suatu hal yang praktis dan mudah dikerjakan. Seperti halnya dalam membangun suatu rumah, suatu hal yang lebih mudah diterapkan akan cenderung dipilih oleh konsumen.

Dahulu kita hanya mengenal kusen berasal dari bahan dasar kayu. Namun saat ini dengan berkembangnya zaman kusen kayu dapat digantikan dengan kusen aluminium.

Pintu sebagai jalan keluar atau masuknya orang/barang dari satu ruangan ke ruangan lainnya atau dari luar rumah ke dalam rumah. Selain itu berfungsi pula sebagai jalannya sirkulasi udara dan sinar penerangan matahari. Sehingga pada pemasangan kusen pintu dan jendela benar-benar harus memperhatikan fungsi dari penempatan kusen pintu dan jendela dengan cermat.

Pemasangan kusen harus baik dan benar, dalam hal ini pemasangannya harus tegak lurus, leveling dan bukaan pintu serta jendela harus sesuai dengan kondisi ruangan dan faktor keamanan.

Pada prinsipnya, pemasangan kusen diusahakan memiliki ketinggian yang sama dengan kusen-kusen yang lainnya.

Kusen dapat dibedakan menjadi :

- Kusen pintu
- Kusen jendela
- Kusen penerangan/bovenlich
- Kusen gendong

Bentuk dan variasi kusen tergantung pada pemilik bangunan, akan tetapi variasi bentuknya tetap harus memperhatikan segi keamanan, keindahan dan faktor pembiayaan.

Bentuk dan variasi kusen tidak begitu banyak, lebih banyak pada variasi daun pintu dan jendelanya serta kaca yang akan dipasang. Bentuk dan variasi kusen akan menambah estetika dan penampilan suatu bangunan akan tetapi juga selalu tergantung pada selera pemilik bangunan dan
persediaan keuangan. Yang jelas, semakin bagus bentuknya maka semakin mahal pula harganya.

 

Jenis-jenis Kusen.

Jenis konstruksi rangka kusen pada dasarnya dibagi dalam 4 jenis yaitu :

1. Kusen gendong/kombinasi

Kusen gendong/kombinasi yaitu kusen untuk pintu dan jendela dijadikan menjadi satu konstruksi yang utuh, biasanya kusen ini ditempatkan di bagian depan rumah atau pada ruangan yang memerlukan penerangan yang lebih, seperti ruang tamu dan ruang keluarga.

2. Kusen tunggal

Kusen tunggal yaitu kusen yang digunakan hanya untuk daun pintu saja, biasanya pada kusen tunggal bagian atasnya berlulubang. Hal ini bertujuan untuk penerangan dan sirkulasi udara.

3. Kusen jendela

Kusen jendela yaitu rangka kusen untuk jendela saja, kusen jendela juga sama dengan kusen tunggal pada bagian atasnya ditambah lubang untuk penerangan dan sirkulasi udara.

4. Kusen penerangan/bovenlich

Kusen penerangan/bovenlich yaitu rangka kusen yang digunakan sebagai penempatan kaca atau jendela kaca yang kecil untuk penerangan dan sirkulasi udara.

 

Kelebihan Kusen Aluminium

Berikut dijelaskan beberapa kelebihan menggunakan kusen aluminium sebagai elemen utama konstruksi struktur bangunan Anda :

1. Tahan terhadap serangan rayap.

Kelebihan penggunaan kusen aluminium dibandingkan dengan kusen kayu yaitu kusen aluminium tidak terpengaruh serangan rayap. Oleh karena itu kusen ini memiliki usia pakai yang bisa lebih lama.

2. Kusen aluminium akan mempercepat durasi atau waktu pengerjaan suatu bangunan.

Proses pembuatan kusen aluminium hanya memerlukan waktu yang relatif singkat. Hal ini dikarenakan penyambungan aluminium mudah dilakukan dengan berbagai jenis sambungan seperti baut, keling, atau las. Selain itu dengan bobotnya yang lebih ringan, dapat mengurangi kesulitan selama proses konstruksi.

3. Lebih hemat biaya.

Kusen aluminium bersifat tidak mudah lapuk. Sehingga kita bisa menghemat biaya perawatan bangunan kedepannya. Selain itu, saat ini kusen yang terbuat dari kayu memiliki harga jual yang lebih mahal daripada kusen aluminium dikarenakan stok bahan kayu semakin susah dan sulit untuk didapatkan.

4. Tahan terhadap karat.

Material baja ringan tahan terhadap karat sehingga tidak diperlukan finishing cat lagi. Harganya pun juga lebih murah dibandingkan stainless steel yang memiliki keunggulan yang sama. Setelah dibongkar, baja ringan tetap bisa dimanfaatkan kembali. Baja ringan tersebut bisa didaur ulang kembali setelah pemakaiannya selesai sehingga lebih ramah terhadap lingkungan.

Demikianlah artikel yang berisi informasi seputar kusen aluminium yang sempat kami paparkan. Semoga bermanfaat….

 


Hubungi Kami

Hubungi kami dan mari kita buat sesuatu yang hebat bersama. Mari kita ubah ide Anda menjadi produk yang lebih besar

info@bengkellaskita.com 081237541661 (WA) | 081338702881 (CALL)

Dimana Anda Bisa Menemukan Kami?

Jl. Sahadewa no.2A Lingk. Anyar Kaja Kerobokan, Kuta Utara, Badung-Bali

Ikuti Kami